Rabu, 02 Juli 2014

MATERI "Jurnalistik, Komunikasi"

A. Definisi Komunikasi
1. Carl I Hovland
Suatu Proses dimana seseorang (komunikator) menyampaikan stimuli (simbol-simbol verbal dan non verbal ) bertujuan untuk mengubah tingkah laku individu lain (communicate/komunican)
Contoh simbol-simbol non verbal adalah: Contoh simbol-simbol verbal adalah:
1. Warna 1. Lisan
2. Tulisan
3. Bahasa Tubuh
4. Bentuk
5. Gambar

2. Everett M Roger
“Proses di mana suatu ide dialihkan dari sumber kepada satu penerimaan atau lebih, dengan maksud untuk merubah tingkah laku mereka.” (Cangara, 2002:19)

3. Harold Lasswell
“Who say what in which channel to whom whit what effect?”
“Siapa mengatakan apa, dengan menggunakan saluran apa (media) kepada siapa, dengan dampak seperti apa?”

- Siapa? Seseorang (komunikator)
- Mengatakan apa? Stimuli
- Dengan menggunakan saluran apa?(Simbol-simbol veral dan non verbal)
- Kepada siapa? Individu lain (communicate/komunican)
- Dengan dampak apa? Mengubah tingkah laku

4. Paradigma Lasswell yang disempurnakan Philip kotler









Sumber: Onong Uchjana 1994;18

NB: - Sender : komunikator/orang yang menyampaikan
- Encoding : seorang komunikator/sender melakukan penyandian terhadap pesan yang dikirimkan
- Message : pesan yang disampaikan lewat media (media cetak/elektronika) bentuk verbal dan non verbal
- Decoding : bentuk proses penyandian ulang terhadap pesan yang diterima oleh receiver
- Receiver : seseorang yang menerima pesan dari komunikator
- Response : tanggapan/anggapan yang dimiliki oleh receiver terhadap pesan
- Feed back : umpan balik “Respon yang disampaikan kembali kepada komunikator”
- Noise : berisik/gangguan ditengah-tengah kegiatan komunikasi.

Teori Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi yang menggunakan media massa, baik cetak (surat kabar, majalah) atau elektronik (radio, Televisi) yang dikelola oleh suatu lembaga atau orang yang di lembagakan, yang ditunjukan kepada sejumlah besar orang yang tersebar di banyak tempat.
Ciri-ciri komunikasi massa:
1. Orang banyak terdiri dari kelompok
2. Heterogen
3. Memiliki tujuan yang sama terhadap informasi tersebut
Jurnalistik adalah “journal” atau, “de jour” yang berarti hari. Dimana segala berita atau warta sehari itu termuat dalam lembaran tercetak.
Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau laporan setiap hari. Menurut kamus jurnalistik diartikan sebagai kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis surat kabar, majalah atau berkala lainnya.
Opini=> pendapat objektif&subjektif, data dan fakta pendukung, prinsif kbnaran mnurut pribadi, mnwarkan solusi.
Syarat2 judul news repport => sesuai dg nisi, menarik, jelas padat dan kalimt tdk penuh, tdk bermakna gandan dan tdk berlebhan.
Sifat-sifat feature news=> menghanyutkan, melawan kebasian, penuh kreatifitas, subjektifitas+emosi penulis.
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN AKHIR PENELITIAN ILMIAH
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Identifikasi Masalah
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat penelitian
BAB II
LANDASAN TEORI
2.1 Definisi
2.2 Definisi
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1 Metode Penelitian
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
3.2.1 Tempat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar