Rabu, 02 Juli 2014

MATERI "Sosiologi, Struktur sosial"



Struktur sosial = Susunan status dan peran yg terdapat dalam satuan sosial ditambah nilai-nilai ditambaha norma-norma sosial yang mengatur interaksi antara status dan peran sosial tersebut
Unsure-unsur pokok 1. Kelompok sosial
2.Kebudayaan
3.Nilai dan norma sosial
4.Lembaga-lembaga sosial
5.                  Kekuasaan dan wewenang
6.                  Diferensiasi dan stratifikasi
7.                  Status dan peran
Ciri-ciri Struktur Sosial
1. Muncul pada kelompok masyarakat
Struktur sosial hanya bisa muncul pada individu-individu yang memiliki status dan peran. Status dan peranan masing-masing individu hanya bisa terbaca ketika mereka berada dalam suatu sebuah kelompok atau masyarakat.
Pada setiap sistem sosial terdapat macam-macam status dan peran indvidu. Status yang berbeda-beda itu merupakan pencerminan hak dan kewajiban yang berbeda pula.
2. Berkaitan erat dengan kebudayaan
Kelompok masyarakat lama kelamaan akan membentuk suatu kebudayaan. Setiap kebudayaan memiliki struktur sosialnya sendiri. Indonesia mempunyai banyak daerah dengan kebudayaan yang beraneka ragam. Hal ini menyebabkan beraneka ragam struktur sosial yang tumbuh dan berkembang di Indonesia.
Hal-hal yang memengaruhi struktur sosial masyarakat Indonesia adalah sbb: a. Keadaan geografis
Kondisi geografis terdiri dari pulau-pulau yang terpisah. Masyarakatnya kemudian mengembangkan bahasa, perilaku, dan ikatan-ikatan kebudayaan yang berbeda satu sama lain.
b. Mata pencaharian
c. Pembangunan
Pembangunan dapat memengaruhi struktur sosial masyarakat Indonesia. Misalnya pembangunan yang tidak merata antra daerah dapat menciptakan kelompok masyarakat kaya dan miskin.
Fungsi struktur sosial
a.                  Sebagai pembatas perilakuperilaku individu dan kelompok di masyarakat
b.                  Sebagai pengawas sosial dalam arti sebagai penekan kemungkinan-kemungkinan pelanggaran norma, nilai, dan peraturan masyarakat
c.                   Sebagai dasar atau pedoman utk menanamkan suatu disipin sosial suatu kelompoko masyarakat
Bentuk-bentuk struktur sosial
a.                  Dilihat dari sifatnya = kaku, luwes, formal, informal
b.                  Dilihat dari identitas kenaggotaannya = heterogen, homogeny
c.                   Dilihat dari ketidaksamaan sosial= diferensiasi sosial, stratifikasi sosial
Diferensiasi = pengelompokan warga masyarakat secara horizontal berdasarkan cirri-ciri tertentu, seperti gender.  cirri fisik seperti ras, cirri sosial seperti agama, dan cirri budaya seperti etnis.
Stratifikasi sosial = pengelompokan warga masyarakat secara vertical, hierarkis, atau bertingkat yang didlamnya terdapat sesuatu yang dihargai. Sebagai contoh perbedaan kekayaan, kedudukan, kekuasaan, kehormatan, dan ilmu pengetahuan/pendidikan.
Ras adalah pengelompokan manusia menurut perbedaan cirri-ciri fisik tertentu seperti warna kulit, bentuk rambut, mata, hidung dan postur tubuh.
Etnis adalah sejenis komunitas yg menampilkan persamaan bahasa, adat istiadat, kebiasaan, wilayah, dan sejarah.
Agama adalah sistem terpadu yg terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dgn hal-hal suci.
Macam ras
a.                  Ras mongoloid dgn cirri-ciri kulit kuning dan sawo matang, rambut lurus, bulu tubuh sedikit, dan mata sipit (terutama asia mongoloid)
b.                  Ras mongoloid dibagi lagi menjadi dua, yaitu mongoloid asia dan mongoloid Indian. Mongoloid asia terdiri dari sub ras Tionghoa (jepang, Vietnam, Taiwan) dan ras-sub melayu (Indonesia,Malaysia dan pilifina) mongoloid Indian teridiri atas orang Indian di amerika.
c.                   Ras kaukasoid dengan cirri-ciri fisik hidung mancung, kulit putih, rambut pirang atau coklat kehitam-hitaman, dengan kelopak mata lurus. Ras ini terdiri atas sub-ras Nordic, alpin, mediteran, armenoid, dan india
d.                  Ras negroid dgn cirri-ciri fisik rambut keriting, kulit hitam, bibir tebal, kelopak mata lurus. Ras ini terdiri atas sub-ras negrito, negro rimba, negro oseanis, dan hotentot-boyseman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar