Minggu, 16 Maret 2014

ARTIKEL "7 Masalah Remaja yang Lagi Naik Daun"



7 masalah remaja yang lagi naik daun
Oleh            : Widya purnama putri

1.    Merasa dimanfaatkan oleh teman, sahabat, atau orang lain. Hmmm.. kayanya kejadian gini tuh sering terjadi yah. Kalo peribahasanya tuh “habis manis sepah dibuang” sakit banget kalo kita punya temen yang datangnya pas lagi ada butuhnya doank, kalo ga ada butuhnya, ya bukan teman. Haduuuh.. jahat banget deh kedengerannya. Eiitss tapi jangan gampang fonis seseorang seperti itu loh, bisa saja kita sendiri juga seperti itu, tapi kita tidak sadar ATAU belum sadar J. Untuk Friend-NC yang ngerasa dimanfaatkan oleh seseorang, sebaiknya kita ikhlas dan tulus aja loh. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat bagi sesama? Dan pada saat kita merasa dimanfaatkan berarti kita telah memberikan sedikit ilmu yang memang seharusnya kita amalkan, tapi ilmu yang kita amalkan itu tidak ada apa-apanya tanpa keikhlasan dari friend-NC. So, mulai dari sekarang coba deh belajar ikhlas, ga ada yang percuma koq kalo ngelakuinnya lillahita’ala kita pasti mendapat imbalan yang lebih dan bukankah sebaik-baiknya pembayar adalah Tuhan, Allah SWT. Tapi.. hati-hati nih, jangan terlalu cepat ingin mendapat imbalannya.
2.   Susah gaul, susah bersosialisasi? Ga mungkin! kita tuh makhluk sosial yang hidup bersama-sama, kita hanya perlu waktu dan beradaptasi. Kita juga perlu mengerti keadaan, misalnya kita sering yah merasa gini “loh kok dia kaya gitu?” atau “ih dia mah aneh”. Pengertian!!, kita harus mengerti sikap seseorang yang baru kita temukan kedoknya atau aslinya, kalo keluar dari aturan norma, ya tegur. Tapi kalo itu sifat aslinya yang sebenarnya tidak melanggar tetapi kita tidak suka ya terima dan mengerti aja friend-NC, mungkin kita juga seperti itu diterima disini. Gaul tuh perlu yah terbukti dari hadist riwayat Tirmizi yaitu “orang mukmin yang bergaul dengan orang lain dan tabah menghadapi mereka lebih baik dari orang mukmin yang tidak bergaul dengan orang lain dan tidak tabah menghadapi gangguan mereka”. Kalo terjadi konflik, wajar lah kita kan diciptakan berbeda. Beda budaya, kepentingan, kepribadian, argumetasi, dll tinggal bagaimana kita menyelesaikannya dengan hasil yang lebih baik.
3.   Ga pacaran ga gaul? sini sini ada sedikit bocoran nih ternyata cowok dan cewek cakep, pintar, dan solehah itu mendambakan calon suami/isteri yang minimalnya masih herbal atau alami loh (inget, calon suami buka pacar). Temen-temen semua juga pasti menginginkan pasangan yang perfect kan? (seorang preman sekali pun pasti ingin miliki isteri yang solehah) Iya dong, makanya kita juga harus berusaha perfect karena “seorang pendamping akan menggambarkan diri kita sendiri”. Allah itu adil loh dalam menjodohkan kita, jika kita soleh maka kita akan mendapat pasangan yang soleh, juga yang lainnya. Dan satu lagi bocoran yang dikutip dari sebuah novel islam “kalau dari sudut pandang islam, yang terkategori gaul bebas itu misalnya temenan cewek-cowok dengan berbaur tanpa batasan, berteman dengan mesra (TTM), hubungan tanpa status (HTS), pacaran bahkan sampai berzina”. Dengan catatan suka-sama-suka itu termasuk zina. Dan pacaran adalah cara setan mengiring umat manusia agar jatuh pada perbuatan nista yang di kutuk semua agama, yaitu zina.
4.   Patah hati, cinta bertepuk sebelah tangan, galau, dilemma, gelisah, atau apapun itu yang berhubungan dengan perasaan terhadap lawan jenis udah lazim banget kayaknya adalah salah satu masalah remaja akhir-akhir ini. Eh tau ga sih patah hati tuh sebenernya teguran yang datang dari Tuhan loh, dan itu berarti Tuhan sayang sama kita karena telah menyadarkan kita bahwa kita mencintai orang yang salah atau ga selevel gitu deh sama kita. Jadi, buang jauh-jauh deh tuh perasaan-perasaan kaya gitu coba deh sering wudlu, banyak istigfar, dan save dalam hati kalau Allah SWT selalu melihat, mengawasi, dan melindungi kita insya Allah perasaan kita bakal tenang.
5.   Tugas menghujan, ulangan terus-terusan.. keluhan kayak gini nih yang membuat pelajar ngeluh mulu. Kita kan pelajar ya udah kewajiban kita donk untuk ngelaksanaain tugas sekolah dan ulangan. Kalo ga mau dikasih tugas sama ulangan, ya keluar aja jadi pelajar. Beres kan? Jalanin ikhlas friend-NC jangan sampai kita nyesel nanti pas liat kalo nilai-nilai merah semua dan kita susah masuk di perguruan Tinggi Negeri. Nauzubillahimindzalik.
6.   Remedial lagi remedial lagi, rame banget tuh kalimat kalo habis denger hasil ulangan. Kalo friend-NC masuk pada hobby remedial, ga usah sedih, kesel apalagi memvonis kalo friend-NC itu ga bisa. Remedial itu wajar, kita sebagai manusia memiliki sifat dan potensi yang berbeda-beda. Sekali lagi manusia memiliki sifat dan potensi yang berbeda-beda dalam bidang pelajaran. Sifat yaitu malas, rajin, setengah malas, setengah rajin, kadang malas, kadang rajin iya toh? Potensi yaitu eksak, non eksak, seni, olahraga, dan lain-lain. Remedial itu kegagalan kecil, ga usah usaha dadakan “mencontek” untuk ga remed ya friend-NC. Semakin banyak gagal, semakin dekat kesuksesan itu datang, inget!
7.   Kalo lagi ada masalah lain doyan banget yah sebagian pelajar dibawa-bawa pas lagi KBM. Haduuuh.. kalo lagi ada masalah mending pending dulu aja deh kalo lagi belajar, sebaiknya selesaikan secepatnya biar ga ngeganggu diaktifitas yang lain. Kan rugi kalo masalahnya timbul dari rumah atau keluarga misalnya dan berdampak pada belajar kita disekolah, dan awas jangan sampai masalah yang lagi friend-NC terima ini dijadikan alasan saat melihat nilai yang “bad” di rapot, hehe. Last problem, masalah ngobrol+esemesan waktu KBM, uh itu masalah banget dan rugi banget. Friend-NC kan kesekolah ini bayar dan ga gampang tes masuknya jadi manfaatkan deh tuh waktu KBM kasian ortu donk udah bayar mahal-mahal eh kitanya malah males-malesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar