Minggu, 16 Maret 2014

ARTIKEL "Hidup ini indah jika bermanfaat"



Hidup ini indah jika bermanfaat
Oleh : Widya Purnama Putri
Temen-temen pasti udah tau dong kalo kita sebagai manusia adalah makhluk sosial yang ga bisa hidup sendirian. Makdarit (maka dari itu) kita ini nih hidup berkelompok-kelompok yang salah satunya adalah berteman.
Coba acungin tangannya siapa yang ga punya temen?
Wah sepi nih, berarti Temen-temen pada normal yah pada punya temen. Temen sepermainan, temen deket, temen tidur, temen curhat, temen hati, dst, dsb. dll.
Sebenernya kali ini kita bukan mau ngomongin temen nih, tapi salah satu yang mungkin menyebabkan konflik di suatu jalinan pertemanan, pokonya nanti bakalan nyambung-nyambung dikit deh.
Nah.. Temen-temen merasa dimanfaatkan oleh teman, sahabat, atau orang lain. Hmmm.. kayanya kejadian gini tuh sering terjadi yah. Kalo peribahasanya tuh “habis manis sepah dibuang” sakit banget kalo kita punya temen yang datangnya pas lagi ada butuhnya doank, kalo ga ada butuhnya, ya bukan teman. Haduuuh.. jahat banget deh kedengerannya. Eiitss tapi jangan gampang fonis seseorang seperti itu loh, bisa saja kita sendiri juga seperti itu, tapi kita tidak sadar ATAU belum sadar. coba Introveksi diri J.
Udah ngerasa dimanfaatin, pas kita lagi butuh dia, eh dia ga respon atau bersikap acuh tak acuh gitu deh. Licik nian yah itu orang, ga ngerti banget posisi kita.
Untuk Temen-temen yang ngerasa dimanfaatkan oleh seseorang, sebaiknya kita ikhlas dan tulus aja loh. Bukankah sebaik-baiknya manusia adalah bermanfaat bagi sesama? Dan pada saat kita merasa dimanfaatkan berarti kita telah memberikan sedikit ilmu yang memang seharusnya kita amalkan, tapi ilmu yang kita amalkan itu tidak ada apa-apanya tanpa keikhlasan dari Temen-temen semua. So, coba deh belajar ikhlas, ga ada yang percuma koq kalo ngelakuinnya lillahita’ala kita pasti mendapat imbalan yang lebih dan bukankah sebaik-baiknya pembayar adalah Tuhan, Allah SWT.
Dan kalo Temen-temen lagi butuh dia tapi dia ga respon. Siap-siap ikrar dalam hati “I don’t care”. Ga usah dipikirin deh, toh temen kita kan bukan satu. Temen-temenkan bisa minta bantuan ke temen lain yang ikhlas. Kalo mentok banget ga ada nih, FB, Twit, YM, dan semua situs jaring laba-laba lainnya acung jempol tuh buat temen-temen yang butuh seorang bahkan seribu temen. Hehe
Makdarit, ayo Temen-temen dari sekarang mulai banyak menyebarkan kebaikan yang bermanfaat untuk sesama terutama orang-orang terdekat kita, ya.. contohnya tadi, untuk temen kita. jangan lupakan ikhlasnya yah.. ingatlah tidak ada yang salah dengan niat yang baik dan hati yang ikhlas serta tulus, akan terasa menyenangkan apabila kita bisa bermanfaat untu orang lain.  Tapi.. hati-hati nih, jangan terlalu cepat ingin mendapat imbalannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar