Minggu, 16 Maret 2014

ARTIKEL "Tugas menghujan, pengumuman ulangan standby depan mata"

Tugas menghujan, pengumuman ulangan standby depan mata
Karya : Widya Purnama Putri
Tugas menghujan, ulangan harian tiap hari.. keluhan kayak gini nih yang membuat pelajar kebanyakan ngomelnya dari pada bertindak. Selalu ngerasa guru ngebebanin tugas walaupun guru lain udah numpukin duluan. Ga adilkah? Ga pengertiankah?
Hus.. buang jauh-jauh tuh suudzon, kalo mau berargumen jangan ngeliat dari satu sisi temen-temen. Coba deh kita positive thinking, mungkin aja guru itu sayang banget sama kita, soalnya kenapa?? Soalnya nilai kita belum nyampe KKM sekolah dan harus ada tambahan nilai yang dari itu tadi, bisa dengan ngasih tugas atau pun ulangan harian. Coba temen-temen bayangin kalo ada guru yang ga pernah ngasih tugas atau ulangan, gimana nasib nilai di rapot kan? Kita kan pelajar ya udah kewajiban kita donk untuk ngelaksanaain tugas sekolah dan ulangan. Semua sekolah juga gini koq. Kalo ga mau dikasih tugas sama ulangan, ya keluar aja jadi pelajar. Beres kan? Jalanin ikhlas temen-temen jangan sampai kita nyesel nanti pas liat kalo nilai-nilai merah semua dan kita susah masuk di Perguruan Tinggi Negeri. Nauzubillahimindzalik.
Coba kerjain tugas-tugas dengan cara yang menarik, lebih asyik kerjainnya bareng-bareng jadi bisa diskusi kalo ada masalah, sambil ngemil and dengerin musik biar otak kanan dan otak kiri bisa bekerja seimban. Dan biar ga cepet bosen coba cari tempat yang nyaman, misalnya dideket kolam ikan, dihalaman sambil liat bunga-bungan, ditaman kota sambil liat keramaian, dimana pun yang temen-temen ngerasa nyaman, jadi hukum gosen bakal sedikit berkurang.
Minggu ini tiap hari ulangan? Kebanyakan dari temen-temen kalo mau ulangan yang dipikirin bukan gimana caranya belajar yang efektif, tapi malah mikirin gimana cara nyontek yang aman. Ia kan, ayo ayo ngaku dalam hati.. hehe, tapi semoga aja cara ini udah jadul yah temen-temen, sekarang saatnya kita jujur dan percaya diri. Orang yang hobinya nyontek itu kan orang-orang yang ga percaya diri kalo nilai ulangannya jelek atau orang-orang yang super males ga mikirin yang namanya belajar pas lagi ada ulangan. Huh.. udah basi yah soal contek menyontek. Buang jauh-jauh niat kaya gitu, soalnya nih bisa jadi itu bakal jadi penghambat kesuksesan temen-temen semua. Iiih ngeri kan?
Belajar yang efektif itu belajar yang ikhlas. Waktu-waktu yang mustajab belajar adalah malam hari, lalu dilanjutkan subuh. Baca bukunya scaning aja temen-temen, ambil garis merahnya ‘n kata kuncinya. Jangan lupa berdo’a biar ilmunya masuk ke otak terus ga keluar-keluar ;)
Saat nya ulangan… jengjengjeng.. eiitss temen-temen jangan lupa berdo’a sebelumnya, biar dikasih kemudahan sama Allah dan gampang ngejawab soal. Kalo nge-blank alias lupa kalimat, coba pantengin konsentrasi dan gerak-gerakin anggota tubuh sebelah kiri. Atau gimana pun cara temen-temen untuk bisa fokus, misalnya merem, liat keatas, tutup muka pake tangan, diem kaya patung, dsb, dst, dll.
Semoga sukses temen-temen J semangka ya (semangat karena Allah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar